Ora Beach, Maluku – Indonesia

Ora_PANTAI-ORA

Sebagai negara yang memiliki lebih dari 17.500 pulau, Indonesia tentu punya beribu pantai yang menunggu untuk disambangi. Pantai Ora di Maluku ini misalnya, terkenal akan airnya yang bening bahkan transparan!

Ora Beach: Private ‘Maldives’ in Maluku
Bayangkan Anda berada di pantai yang airnya begitu jernih sampai-sampai terumbu karang berwarna-warni di dalamnya terlihat jelas, dan perahu-perahu yang lewat berlayar terlihat bayangannya di dasar laut. Coba bayangkan malam hari berada di tengah-tengah pantai yang berkerlap-kerlip akibat pantulan cahaya taburan bintang di langit. Pernahkah Anda merasakan keindahan alam seperti ini? Jika belum, Anda tak perlu jauh-jauh ke Bora Bora ataupun Maldives, cukup  ke pantai Ora di Maluku.

Selain keindahan pantai dan perbukitan di sekitarnya, pesona lain yang menjadi daya tarik Ora Beach adalah kehidupan lautnya. Berbagai terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni turut menghiasi pantai berwarna biru turquoise ini. Anda bahkan bisa melihatnya langsung dari atas perahu atau dari balkon tempat Anda menginap.

How to get there
Pantai Ora terletak di bagian utara Kepulauan Maluku, yaitu persis di ujung utara Pulau Seram. Untuk mencapai kesana, Anda perlu mengambil penerbangan ke Ambon terlebih dahulu. Dari Bandara Pattimura, dilanjutkan ke pelabuhan Tulehu kurang lebih 45 menit. Kemudian dengan menggunakan kapal cepat, Anda akan berlayar selama 2 jam ke Pelabuhan Amahai (Masohi). Belum selesai sampai disini, perjalanan dilanjutkan dengan jalan darat selama sekitar 2 jam lagi menuju Desa Sawai. Terakhir, naik perahu katinting selama 10 menit dan Anda pun sampai di pantai Ora!

Ora Beach Resort
Saat ini pantai Ora hanya memiliki satu buah penginapan yaitu Ora Beach Resort dengan 6 buah cottage yang berdiri tepat di atas perairan Pantai Ora. Masing-masing cottage-nya terbuat dari kayu beratap jerami dan bisa memuat sampai 3 orang. Selain itu, setiap cottage juga memiliki balkon yang menjorok ke laut, sehingga Anda bisa langsung lompat untuk berenang ataupun snorkeling. Hati-hati jangan sampai menginjak / merusak coral yang letaknya sangat dekat dengan permukaan laut.

Tidak perlu khawatir soal listrik dan air bersih, karena meskipun letaknya jauh dari kota, pantai Ora sudah memiliki listrik 24 jam dan air bersih yan disaring langsung dari gunung. Satu hal yang masih sulit di daerah ini adalah sinyal telepon. Jadi bersiaplah untuk merasakan ultimate holiday tanpa gangguan telepon dan email kantor.

Quick facts

  • Saat merencanakan pergi ke Pulau Seram, coba cek jadwal kapalnya terlebih dahulu. Saat ini hanya tersedia dua kali perjalanan dalam sehari, yaitu jam 9 pagi dan jam 4 sore.
  • Belum ada tempat yang menyewakan alat diving maupun snorkeling. Jadi bawa sendiri peralatan menyelam Anda.
  • Tidak tersedia warung atau restoran di area pantai, fasilitas makan hanya disediakan oleh pihak Ora Beach Resort. Disarankan membawa snack dan perbekalan sendiri.
  • Harga penginapan di Ora Beach Resort berkisar dari Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta, sudah termasuk makan 3 kali sehari dan transportasi dari Pelabuhan Tulehu di Ambon. Silakan cek saat Anda booking. Untuk booking Ora Beach Resort, Anda bisa menghubungi Alvin Latuconsina (+628170833554/+628111909404)

sugarandspace.com-travel-writer-bintang-mahacakrie-lw-oct-nov-2014-ora-beach


Credits
Photo : blog.getourguide.com
Written for Living World Magazine
Published on Oct-Nov 2014 issue

0

Be first to comment


+ 6 = twelve