• No Products in the Cart

Teman-teman yang udah follow di Instagram mungkin udah ngeh ya kalo kemarin kita sekeluarga batal ke Hong Kong karena sakit. Huhuu.. Bener-bener serumah sakitnya! Sedih banget karena dari tiket sampai hotel udah di-book semua, dan udah nyicil packing juga >.<

Tapi trus lama-lama ya mesti ikhlas juga, karena kita percaya banget akan diganti dengan yang lebih baik. Alhamdulillah nggak lama setelah kita berangsur sembuh, udah ada lagi planning traveling yang way way better than Hong Kong, yaitu pergi Umroh (insyaAllah)!

 

Saudi Arabia here we come~

Rencana pergi umroh ini lumayan challenging, padahal baru aja mulai preparation. Kenapa? Karena kita disediain masing-masing 1 koper aja oleh pihak travel (jadi total 2 koper untuk sekeluarga). Memang quota bagasinya 2 x 23kg per orang, tapi kita memutuskan untuk pakai si koper yang seragam dari travel aja supaya handling-nya nanti gampang dan nggak ketuker dengan rombongan lain.

Oke jadi kita punya 2 koper medium size untuk pergi traveling 9 hari bersama bayi. Challenging yessss… mengingat popok aja udah makan tempat 1/3 koper.

 

What to bring when traveling with a baby:

Kebetulan kita udah ada checklist yang selalu dipakai untuk traveling. Berikut ini aku share ya, semoga bermanfaat. Bisa langsung copy text-nya dan paste di notes handphone!

General:

Stroller
Carrier
Payung lipat
Tas / diaper bag
Pampers
Tissue travel pack
Tissue basah
Selimut / on the go blanket
Kantong untuk buang diaper
Mainan buat dipegang / boneka
Buku stiker
Buku gambar & pensil warna

Pakaian:
Baju harian
Baju ganti
Baju tidur
Sepatu
Sendal
Kaos kaki
Outerwear / cardigan
Kacamata
Topi

Peralatan mandi:
Shampoo & sabun khusus bayi
Washlap
Handuk tipis
Minyak telon
Sisir
Gunting kuku
Sisir
Ikat rambut
Mainan buat mandi

Makanan & Peralatan Makan:
Susu
Botol susu
Termos
Biscuit
Baked snack
Bubur instant
Botol minum
Tempat makan & sendok

Cuci-mencuci:
Spons cuci botol
Sabun cuci botol
Detergen khusus bayi
Lap botol
Hanger plastik
Jepit jemuran
Kantong plastik baju kotor

Obat-obatan (beda-beda merek tiap anak):
Obat demam
Obat batuk
Obat pilek
Obat diare
Minyak kutus-kutus

Special umroh edition:
ID card dari travel / gelang ID
Surat suntik meningitis dari dokter
Kerudung bayi
Mukena bayi
Sarung tangan bayi
Heattech

Sebanyak itu!!! 😀 Yessss… dan yang challenging untuk perjalanan 9 hari ini ada di bagian pakaian. Karena dalam 1 hari Lumi minimal ganti baju 3x; setelah mandi pagi, sore atau setelah mandi sore, dan malam sebelum tidur. Beda dengan kita yang dewasa, yang bisa pake baju 1 set aja untuk seharian dan baju tidur cukup 1 atau 2 aja buat 9 hari… namanya buat bayi ya baju harus selalu bersih ya kan… Tapi masa iya buat 9 hari dikali 3 set perhari = bawa 27 set?! Dalam 1 koper beserta snack dan popok dan peralatan susu? Waw waw waw tentu tidak bisaaa! Hahahaa..

Jadi gimana solusinya dong? Tenang… disinilah deterjen khusus bayi hadir, menjadi penyelamat kita semua yang sering traveling bawa bayi dan familiar dengan noda-noda makanan, susu, gumoh, dll hahaha.. Kebetulan untuk Lumi aku udah pilih merek Sleek Baby buat segala kebutuhan kebersihannya mulai dari liquid soap untuk botol susu dan peralatan makan, deterjen untuk pakaian, dll. Dan sekarang pas Lumi udah enjoy traveling, kita mulai bawa Travel Wash-nya Sleek Baby.

 

About Sleek Baby Laundry Travel Wash

Sudah dicoba di rumah, super gampang banget cara cucinya. Kita cuma perlu rendam aja 30menit (sambil ditinggal me time sih pas banget nih), trus cuci kucek seperti biasa. Dan seperti namanya “travel wash”, udah pasti aman buat traveling dong; isinya nggak lebih dari 100ml, bentuknya konsentrat dan botolnya pas buat dibawa pindah-pindah hotel. Formulasinya memang aman banget buat anak-anak, dibuat dari natural plant extract dan paraben free. Super recommended ya. Ibun approved! Belinya juga nggak susah karena sudah bisa didapatkan di banyak toko baik online ataupun offline. Harganya 12.000-an saja per tube.

Travel light with baby

Jadi apakah possible untuk travel light with a baby? Menurut aku sih possible banget. Nggak cuma di bagian pakaian aja ya, tapi pilih stroller pun juga jangan yang menyusahkan kita nantinya. Inget traveling itu 100% happy tapi 90% capek (apalagi bawa bayi, bisa-bisa 120% capek! Hahaa). Kalo aku sekeluarga bisa travel light, temen-temen juga pasti bisa kok. Yuk, jalan-jalan! 😀

 

mahacakrie


Credits
Photo by Bintang Mahacakrie and Raden Astra

 

RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT